Rabu, 09 Maret 2016

Gerhana Matahari Total (GMT) di Sambut Antusias



Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi perbincangan khalayak ramai. Gerhana yang sangat jarang dijumpai ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke. Bukan hanya karena langkanya GMT. Namun, karena Indonesia adalah negara yang di lewati oleh GMT sehingga dapat disaksikan langsung dari bumi dengan bantuan alat.

Respon masyarakat pun beragam diberbagai tempat, mulai dari upacara adat, pengamatan teleskop, dan sholat gerhana dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Seperti halnya di beberapa masjid di Jakarta, turut menyelenggarakan sholat gerhana berjamaah. Salah satunya adalah Masjid Alhikmah. Ratusan orang memadati Masjid Alhikmah yang bertempat di Jalan Bangka 2, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2016)

Sholat yang dilaksanakan pukul 6.30 pagi ini, disambut antusias oleh masyarakat, para jama'ah sholat gerhana mulai berdatangan sejak pukul 05.56 pagi. Usia para jama'ah yang hadir pun beragam, mulai anak - anak hingga dewasa, bahkan terlihat ada lansia yang juga turut mengikuti sholat berjama'ah sholat gerhana ini.

Sholat yang berdurasi kurang lebih 1 jam ini, di pimpin oleh Imam muda, Ustadz Muhammad Rizki Alhafidz dilanjutkan dengan khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Arif Ma'ruf, Lc.

Dalam khutbahnya, Ustadz Arif menyampaikan sebuah hadits tentang anjuran untuk berdzikir ketika gerhana terjadi.

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam lantas bersabda, ”Sesungguhnya ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah yang ditunjukkan-Nya. Gerhana tersebut tidaklah terjadi karena kematian atau hidupnya seseorang. Akan tetapi Allah menjadikan demikian untuk menakuti hamba-hamba-Nya. Jika kalian melihat sebagian dari gerhana tersebut, maka bersegeralah untuk berdzikir, berdo’a dan memohon ampun kepada Allah.” Ujarnya.

Beliau juga mengingatkan, Rosulullah adalah orang yang takut akan hal ini, karena khawatir akan terjadi kiamat. sehingga karena ketakutan itu Rosulullah mengerjakan sholat.

''Pernah terjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi lantas berdiri takut karena khawatir akan terjadi hari kiamat, sehingga beliau pun mendatangi masjid kemudian beliau mengerjakan shalat dengan berdiri, ruku’ dan sujud yang lama. Aku belum pernah melihat beliau melakukan shalat sedemikian rupa.” Tutur belieu mengingatkan para jamaah.

Previous Post
Next Post

Alhikmah Radio adalah radio yang bersiaran melalui streaming atau dapat diakses melalui internet yang bernaung dibawah STID DI Alhikmah. Didirikan bulan Juli 2011 dengan format siaran Alqur'an, rujukan kajian keilmuan, islam update, forum mahasiswa, dan seni islami

0 comments: