Sabtu, 01 Agustus 2015

Dihadiri Ribuan Mahasiswa Se Indonesia, MTQMN XIV Resmi Dibuka

Pembukaan MTQMN XIV UI 2015, Sabtu (1/8) malam.
 Sabtu (1/8), Tabligh Akbar  MTQMN (Musabaqah Tilawah Qur'an Mahasiswa Nasional)  XIV resmi dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met. selaku Rektor UI di Gedung Balairung UI, Depok.

Sebanyak 1.863 mahasiswa dari 167 perguruan tinggi di Indonesia ikut berpartisipasi dalam pembukaan MTQMN XIV. Tiap perwakilan dari perguruan tinggi se Indonesia menaiki panggung utama, untuk mengawali rangkaian acara MTQMN XIV yang akan berlangsung pada 1 - 7 Agustus 2015 di kampus UI.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi diantaranya Universitas Indonesia yang juga selaku tuan rumah, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Tadulako, Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan ratusan perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya. Musabaqah yang di lombakan seperti Musabaqah Hifzil Quran untuk 1 juz, 5 juz dan 10 juz, Musabaqah Khaththil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Debat pengetahuan Al Quran dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah, Musabaqah Fahmil Quran.

Dalam sambutannya, Dr. Arman Nefi, SH., selaku ketua umum panitia pelaksana MTQMN XIV mengungkapkan harapannya agar MTQMN XIV yang di selenggarakan di UI ini menjadi yang terbesar dari sebelumnya.

"Alhamdulillah MTQMN kali ini berbeda dari sebelumnya karena pertama dari jumlah peserta lebih banyak dari sebelumnya, juga pada tahun ini, UI terpilih menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran. Semoga MTQMN ini menjadi MTQMN terbesar dari sebelum-sebelumnya", Ungkapnya.

Pembukaan acara ini selain dimeriahkan oleh tampilan pawai tiap peserta dari perguruan tinggi, juga disejukkan Pembukaan MTQMN XIV di awali dengan penampilan 3 orang terpilih untuk membawakan pembacaan Qira'at Sab'ah, diantaranya Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., Mantan Menteri Agama, Prof. Dr. KH. Said Agil Husein Al Munawir, MA., yang juga menjadi juri lomba kategori Qira'at Sab'ah pada MTQMN XIV.

Acara yang diselenggarakan pada sabtu malam ini juga dimeriahkan oleh bazar buku, kuliner dan fashion islami serta pameran 'Kemegahan Al Quran' yang bertempat di lantai dasar gedung  perpustakaan UI  sampai dengan pukul 10.00 malam.

Di penghujung acara pembukaan MTQMN XIV UI disemarakan oleh penampilan penampilan dari Mahasiswa Indonesia seperti penampilan tarian nusantara, Orchestra, dan paduan suara yang berjudul "Satu Nusa Satu Bangsa" dan "Garuda Pancasila" yang tidak hentinya memukau para hadirin.  (Hanny)
Previous Post
Next Post

Alhikmah Radio adalah radio yang bersiaran melalui streaming atau dapat diakses melalui internet yang bernaung dibawah STID DI Alhikmah. Didirikan bulan Juli 2011 dengan format siaran Alqur'an, rujukan kajian keilmuan, islam update, forum mahasiswa, dan seni islami

0 comments: